Hukum Boneka Dalam Pandangan Islam

Hukum Boneka Dalam Pandangan Islam
 

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Sudah menjadi kesepakan atau Ijma Ulama seperti apa yang difatwakan oleh Imam Nawawi dan Ibnul Arabi bahwasanya “dilarang mengambil gambar yang berbentuk seperti boneka”. Tetapi dalam hal ini ada ISTISNA ( Pengecualian ), seperti mainan anak-anak karena ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang menunjukkan diperkenankannya hal ini. Dalam hal ini Imam Nawawi mengomentari.

"Persoalan ini sudah menjadi kesepakatan ulama bahwa haram membuat gambar yang berbentuk, akan tetapi hadits ini dikecualikan oleh hadits lainnya yang menerangkan di perbolehkannya mainan anak-anak dari suatu gambar yang berbentuk (boneka) dan itu tidak terbatas pada anak-anak putri tetapi anak-anak putra juga diperkenankan".

Jadi kesimpulannya hal itu ( suka dengan boneka ) boleh-boleh saja untuk mainan anak-anak, baik itu dengan membelikannya atau membuatnya sendiri. Adapun mengenai persolan wara’( kemuliaan ) itu adalah persoalan akhlak akan tetapi jangan memaksakan orang lain tentang sesuatu yang masih diperkenankan ,lalu kita paksa orang lain untuk meninggalkanya sehingga beragama akan dirasakan berat. Karena sesungguhnya Islam itu YUSRUN ( mudah ). Wallahu ‘alam bish showab.
Share: Facebook Twitter Google+