Tips Atasi Flu Selama Liburan

Tips Atasi Flu Selama Liburan


Penyakit flu merupakan penyakit yang selalu hadir dan mudah tersebar pada musim hujan seperti sekarang ini. Bahkan bertepatan dengan liburan Natal dan Tahun Baru tentunya menjaga tubuh tetap fit sangat membantu menikmati liburan. Namun bagaimana  jadinya jika pada liburan ini, kamu malah terserang flu. Dilansir dari livescience, flu dapat dihindari dengan beberapa cara, diantaranya:

1. Jangan sentuh wajahMeskipun kebanyakan orang tidak sadar saat menyentuh wajah, namun sebenarnya kegiatan satu ini dapat menjadi sarana penyebaran penyakit. Michael Langan, dokter primer dan asisten profesor di Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan, kapan pun A menyentuh membran mukus, seperti mata, hidung, dan mulut, penularan penyakit bisa saja terjadi.
Studi sebelumnya menunjukkan, orang mengontaminasi tangan mereka lebih sering daripada frekuensi mereka mencuci tangan.

2. Cuci tangan.
Anjuran mencuci tangan memang telah digalakan oleh pemerintah. Menurut pusat pengontrolan dan pencegahan penyakit Amerika Serikat (CDC), sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat mencegah penyebaran penyakit bagi diri sendiri dan orang lain.
Untuk caranya perlu perhatian khusus agar mikroba dapat mati dengan sempurna. CDC menyarankan untuk mencuci tangan minimal selama 20 detik. Jika sulit untuk menemukan air dan sabun, Langan menyarankan untuk mengusap tangan dengan hand sanitizer berbasis alkohol untuk membantu menghilangkan mikroba.

3. Vaksinasi flu.
CDC mengatakan, vaksinasi flu merupakan cara terbaik untuk melindungi diri dari flu. Namun cara ini baru efektif jika dilakukan beberapa bulan sebelum memasuki musim flu. Ini karena tubuh membutuhkan waktu sebelum membentuk antibodi alami yang dirangsang oleh vaksin.

4. Hindari orang yang sedang flu.
Untuk mencegah tertular flu, sebisa mungkin orang harus menghindari kontak dengan orang yang sedang flu. Terutama pada mereka yang memiliki risiko tinggi komplikasi dari flu, misalnya orang dengan penyakit jantung, gangguan liver, diabetes, atau sedang hamil. Selain itu, sebaiknya bayi juga meminimalkan kontak dengan orang yang sedang sakit.

5. Tetap aktif dan melakukan kebiasaan sehat.
Langan mengatakan, gaya hidup sehat, termasuk rutin berolahraga, makan sehat, dan tidur cukup merupakan cara yang membantu mencegah terjangkit flu. Termasuk juga, menghindari merokok, serta konsumsi vitamin C, E, dan seng.
Share: Facebook Twitter Google+