Sunnah Rasul Malam Jum'at?

Sunnah Rasul Malam Jum'at?
Assalamu'alaikum wr.wb

Sudah lumrah dan banyak dikatakan oleh orang-orang yang beranggapan bahwa sunnah Rasulallah di malam jum'at hanya terbatas dengan "ML (Making love)" sampai-sampai banyak juga para pemuda pemudi di sosial medianya jika memasuki malam jum'at mereka ramai-ramai memasang gambar, status maupun ucapan-ucapan yang berkaitan dengan hal ini. Juga sering terjadi sebagai contoh dalam suatu siaran radio ketika ada yang menelponnya di malam jum'at dia mengatakan: "Apakabarnya, sudah sunnah Rasul belum?" atau "Habis sunnah Rasul yah?"

ASTAGHFIRULLAHAL'ADZIIM...! Sungguh semua ini adalah penyandaran yang buruk kepada Rasulallah SAW, dan seakan-akan kita sedang menghina Rasulallah SAW dan sunnahnya di malam jum'at, karena di malam jum'at dan didalam sunnah Rasulallah tidak terbatas dalam ML saja.

Ketahuilah saudaraku, memang hubungan suami istri yang HALAL di malam jum'at memiliki keistimewaan yang luar biasa, namun masih banyak yang lainnya dari sunnah Rasulallah SAW yang juga lebih istimewa untuk dilakukan didalam malam jum'at, diantaranya:

Imam Nawawi berkata didalam kitabnya Al Adzkar:
Dan disunnahkan di malam jum'at dan di hari jum'at untuk memperbanyak membaca Alqur'an dan dzikir-dzikir, dan pula sholawat kepada Nabi SAW, dan disunnahkan dimalamnya membaca surat Al-Kahfi.

Begitu pula ditegaskan oleh Imam Syafi'i disunnahkan membaca surat Al-Kahfi di malam jum'at.
Dari Abi Sa'id Alkhudri R.A berkata Rasulallah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca surat Alkahfi dimalam jum'at maka akan dicahayakan untuknya dari cahaya (Allah) diantaranya dan atara baitul atiq (ka'bah)". [HR Nasa'i]

Dan banyak lagi hadits-hadits tentang amalan yang baik yang disunnahkan Rasulallah walaupun memang teks hadits secara umum untuk dilakukan disetiap malam, tapi alangkah indahnya jika kita menghidupkan malam jum'at dengan melakukan amal tersebut, seperti membaca surat Yasin, Tahlil, surat Al-ikhlas dan Muawidzatain, surat Al-Mulk (Tabaarok), surat Assajadah, surat Adukhon dan lain-lainnya.

Ketahuilah sungguh sunnah-sunnah Rasulallah SAW lebih mulia dan tinggi derajatnya dihadapan Allah SWT dari apa yang selama ini kita fikirkan. Wallahua'lam bishshowab.

Share: Facebook Twitter Google+