10 Hal Agar Pernikahan Menjadi Berkah


10 Hal Agar Pernikahan Menjadi Berkah

1. Niatkan Pernikahan Sebagai Ibadah.
Para Ulama mengatakan disaat pernikahan maka perbanyak lah niat baik / niat ibadah karena allah dan niat ibadah menjalankan sunnah rasulullah, jangan lupa niatkan ingin memiliki keturunan yang sholeh sholehah, niat menjaga hati mata dan alat vital, niat memiliki keluarga sakinah mawadah warahmah, dan niat baik lain nya sebanyak mungkin.
2. Persiapkan Ilmu Dalam Berumah Tangga.
Ini penting karena tanpa ilmu syariat maka akan susah didapatkan keluarga samara yang di ridhoi oleh Allah, bagaimana adab memuliakan suami dan juga istri, bahkan tanpa ilmu rumah tangga bisa saja sepasang suami istri melakukan keharoman secara terus menerus tanpa sadar semisalkan dari pasangan tersebut tidak memiliki ilmu haid dan istihadoh atau cara bersuci.
3. Latih Rasa Komitmen Dan Tanggungjawab.
Pentingkah komitmen dan tanggung jawab ? Ya sangat penting, karena disaat sebuah keluarga baru yang sudah memiliki visi untuk menjadikan keluarganya adalah ladang keromantisan dan panen pahala maka diperlukan sebuah komitmen juga tanggung jawab agar sepasang kekasih mampu melangkah bersama dan melaksanakan peran nya masing masing itulah tanggung jawab. 
4. Sucikan Segala Proses Menujunya.
Maksudnya? Maksudnya adalah gimana kita ingin mendapatkan keluarga yang di ridhoi Allah apabila dalam proses nya kita selalu melanggar allah . contohnya dengan bermula dari pacaran yang haram, gengsi mengadakan akad nikah yang sederhana dan ingin yang Wow dengan niat pamer, melakukan persepsi dengan banyak undangan yang membuka aurot dan ditempat yang kurang mulia, maka ketahuilah malaikat yang seharusnya hadir dalam pernikahan untuk mendoakan kalian tidak akan hadir karena banyak nya maksiat ditempat pernikahn tersebut karena banyak aurat terbuka. 
5. Utamakan Keshalihan Sang Kekasih.
Rasulullah saw memerintahkan kita menganjurkan kita menikahi seseorang dari melihat agamanya terlebih dahulu jangan seperti kebanyakan orang jaman sekarang yang menikahinya karena fisik,harta,jabatan baru agama di belakang . insyaallah yang nurut sama sabda nabi saw pernikahan dan rumah tangganya berkah. 
6. Belajar Mencintai Yang Telah Dinikahi.
Setelah menikah, maka teruslah pupuk dan suburkan rasa cinta kalian hanya untuk pasangan kalian. bila langkah 1 => 5 anda jalankan dengan baik maka insyaallah langkah 6 ini juga akan lancar. 
7. Meminta Do'a Sebanyak Mungkin.
Meminta doa juga sangat dianjurkan karena banyak orang yang merestui hubungan kita dan semakin banyak doa yang dicurahkan kepada kita makan akan memperlancar segala kehidupan rumah tangga kelak Insyaallah.
8. Saling Menjaga Ketaatan Dan Menjauhi Nafkah Yang Haram.
Saling menjaga ketaatan disini terdapat dua makna, yaitu taat kepada allah dan taat kepada pasangan. seharusnya suami istri bisa saling mengingatkan kepada pasanganya untuk selalu taat kepada allah dengan berbuat kewajiban atau amal kebajikan bila salah satu pasangan nya sedang malas, dan taat kepada suami istri bisa diartikan dengan peran nya masing2 . sudah seharusnya suami taat kepada istri dengan bentuk mencari nafkah yang halal dan istri taat kepada suami apapun perintahnya selagi itu tidak melanggar syariat islam . dan untuk suami yang mencari nafkah maka jauhilah nafkah yang haram karena keharoman menjauhkan dari keberkahan, bila dikasih istri maka akan menjadikan istri yang keras hatinya, bila dikasih kepada anak nafkah yang harom maka anak akan menjadi nakal dan suka membangkang dan lain sebagainya.
9. Bermajelis Dengan Orang Shalih.
Apa fungsinya dan hubunganya berkumpul di majelis dengan rumah tangga? Oh sangat banyak sekali, salah satunya seperti bisa saling mengoreksi diri bermuhasabah untuk meningkatkan keluarga yang samara dan menciptakan suasana rumahku surgaku dengan ilmu dari majelis, dan tentunya mendapatkan berkah tersendiri dari orang orang sholeh dan majelis tersebut . yakinilah banyak manfaatnya.
10. Menjadikan Keluarga Manfaat Bagi Sekitar Anda.
Berusahalah terus menerus untuk bisa terus bermanfaat bagi orang lain meskipun kita sudah kesibukan sendiri dalam mengurus keluarga, sebab dengan kita membantu hamba hamba allah yang ada di sekitar kita maka secara langsung dan tidak langsung Allah yang akan membantu keluarga kita dengan caraNya yang tidak bisa kita sangka darimana datangnya.


*Mungkin ini sedikit cuplikan ilmu yang kami dapat dari orang orang yang lebih paham dan dengan melihat kenyataan yang ada, bila sahabat baru baca postingan yang ini saja maka bisa dilihat di postingan sebelum-sebelumnya, Semoga manfaat.

Share: Facebook Twitter Google+