7 Tanda Anda Harus Resign

Semakin hari Anda merasa pekerjaan semakin terasa berat, seperti ada beban yang menumpuk di pundak. Dan setiap hendak berangkat ke kantor selalu diserang rasa suntuk, malas, dan kurang bersemangat. Nah, mungkin ini saatnya untuk segera mengajukan surat pengunduran diri dan mencari pekerjaan baru. Sebelum Anda buru-buru membuat surat pengunduran diri, kenali dahulu 7 pertanda Anda harus segera resign dari tempat bekerja yang sekarang.

1. Muncul Ketidaknyamanan

Perlahan-lahan Anda mulai merasakan rasa tidak nyaman terhadap pekerjaan. Segala jenis pekerjaan yang dilakukan terasa berat. Bahkan, ketika melakukan suatu kesalahan sekali pun, Anda tidak berusaha untuk memperbaikinya. Adanya ketidaknyamanan ini memicu terjadinya salah pilih pekerjaan. Misalnya, Anda kerap membuat kesalahan dalam menulis dan tidak tahu cara melakukan wawancara sebaiknya jangan menjadi jurnalis, atau Anda sangat buruk dalam melakukan tugas administrasi seperti fotokopi dan mengetik, maka jangan melamar sebagai sekretaris.

2. Membenci Pekerjaan Saat Ini

Pada dasarnya tidak ada orang yang 100 persen menyukai pekerjaannya. Setiap pekerjaan memiliki rasa suka dan duka. Tergantung bagaimana seseorang menyikapi hal tersebut dan menjadikan rasa duka seperti rasa suka. Seorang pramugari sekalipun memiliki rasa jijik saat harus membersihkan toilet pesawat atau seorang polisi lalu-lintas yang kerap terlihat muram saat harus mengatur lalu-lintas jalan raya yang kusut. Namun, bila Anda sama sekali tidak menyukai sedikit pun pekerjaan yang dilakukan, berarti ini sudah menjadi pertanda Anda harus segera resign.

3. Malas Membicarakan Soal Pekerjaan

Ketika berkumpul bersama teman-teman atau keluarga dan mereka mulai bertanya satu-satu tentang pekerjaan, Anda sebisa mungkin akan menghindar. Rasa malas menyelimuti pikiran dan tiba-tiba Anda berupaya untuk menolak membahasnya. Bila Anda sudah merasakan hal ini dan beranggapan bahwa tidak ada hal positif yang perlu diceritakan ke keluarga dan teman-teman soal pekerjaan Anda, berarti sudah saatnya Anda resign dan mencari pekerjaan baru. Jika Anda terus-terusan mempertahankan pekerjaan saat ini rasanya malah membuat beban semakin bertambah.

4. Uang, Uang, dan Uang

Di benak Anda, keuntungan dari pekerjaan Anda saat ini ialah saat menerima uang atau gaji. Uang tersebut akan dikantongi saat Anda telah menyelesaikan pekerjaan selama sebulan. Bila hanya ini yang Anda tunggu setiap bulan dan mencoba untuk bertahan dalam pekerjaan karena lebih mementingkan uang, maka segera ajukan surat pengunduran diri. Memang semua karyawan menanti-nantikan kedatangan gaji, tapi bukan itu yang harus menjadi fokus. Jika setiap bulan Anda merasa harus bertahan dalam segala kebosanan dan kejenuhan dalam pekerjaan demi mengantongi uang, rasanya ada yang salah. Ini menjadi tidak sehat dan membuat Anda tertatih-tatih dalam menjalani hidup. Jika sudah demikian, ini pertanda Anda harus segera resign.

5. Tidak Sesuai Dengan Kepribadian

Ada baiknya sebelum melamar pekerjaan, perhatikan terlebih dahulu apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kepribadian Anda. Jangan sampai salah jurusan dan terjebak di dalamnya. Bila Anda bukan pribadi yang gemar bertemu dengan banyak orang, melakukan kontak mata, dan harus tersenyum setiap saat, maka jangan harap akan sukses menjadi customer service. Kesalahan lain misalnya, Anda bersikeras menjadi seorang guru TK padahal anak-anak sering menangis atau ketakutan ketika melihat cara mengajar Anda. Maka sudah bisa dipastikan segera ganti profesi yang sesuai dengan kepribadian Anda.

6. Sering Izin Sakit

Dalam sebulan masa kerja, jumlah izin sakit Anda lebih banyak daripada waktu produktif bekerja. Ini jelas ada yang tidak beres dalam pekerjaan Anda. Mungkin dahulu kala saat masih di sekolah dasar hal ini merupakan sesuatu yang lumrah. Sakit flu saja bisa mengajukan izin untuk pulang ke rumah. Namun, apakah Anda akan terus-terusan melakukan hal ini untuk menghindari pekerjaan? Tentu hal tersebut bukan solusi yang tepat. Semakin Anda sering izin sakit, semakin terlihat bahwa rasa ketidaknyamanan kerap melanda. Jika sudah begini berarti Anda memasuki fase pertanda harus segera resign dan beralih profesi. Dan solusi jitunya ialah ajukan surat permohonan diri dan segera berburu pekerjaan secepat mungkin.

7. Sering Memantau Media Sosial

Bukan tidak boleh melihat Facebook, belanja online di Internet atau menonton Youtube di kantor, tetapi jika dalam 8 jam bekerja Anda lebih mendominasi memantau media sosial daripada mengurusi pekerjaan, sudah terbukti bahwa ini jadi pertanda Anda harus segera resign. Dan tujuan utama ketika Anda berangkat ke kantor adalah agar bisa memainkan media sosial di komputer kantor serta menonton Youtube seharian jelas Anda sudah tidak nyaman dengan pekerjaan. Apalagi ketika melakukan semua hal di atas Anda merasa damai, tenang, dan menomorduakan pekerjaan. Segeralah beranjak dari tempat duduk Anda, buka berbagai situs lowongan pekerjaan dan jangan lupa untuk memperbarui resume Anda!


Coba perhatikan satu per satu tanda-tanda di atas. Apakah ada yang cocok dengan kondisi Anda saat ini atau semuanya ternyata tepat? Jika ya, berarti itulah pertanda Anda harus segera resign.

Sumber: iMoney
Share: Facebook Twitter Google+