7 Tips Cepat Move On Setelah Lama Pacaran

Putus cinta menjadi hal yang berat bagi sebagian orang, seakan masa depan tidak akan ada indahnya bila tak bersama si dia. Mungkin kondisi yang lebih parah akan dialami oleh mereka yang sudah menjalani hubungan sampai bertahun-tahun lamanya. Kenyamanan yang sudah terbina dengan segala kebiasaan baik dan buruk pasangan, pastinya sulit untuk langsung dihilangkan dalam waktu satu atau dua bulan saja.

"Dampak pertama kali yang dirasakan pasti kaget, marah, tidak bisa terima. Bisa jadi stres dan depresi. Bagaimana pun juga yang namanya pacar itu kan sudah sangat dekat, mungkin sudah punya harapan lebih, dan pada saat itu dia merasa begitu mencintainya makanya bisa melakukan hal-hal yang ekstrim," ujar Rosalina Verauli, M.Psi, saat diwawancarai Wolipop melalui telepon, beberapa waktu lalu.

Menjalani hubungan dalam jangka waktu yang lama, tentunya harapan yang menggantung juga tinggi. Seolah semua yang terjadi selama ini antara Anda dan dirinya hanyalah sia-sia semata. Tak sekadar dari segi waktu, namun juga usaha dan pengorbanan perasaan.

Maka tak heran banyak hal negatif yang bisa dilakukan orang-orang patah hati untuk membuat dirinya lebih baik, seperti mencoba melukai diri dan balas dendam. Daripada melakukan hal yang akan membuat Anda menyesal nantinya, keputusan paling baik yang bisa dijadikan opsi adalah berusaha untuk move on dan mengikhlaskan si mantan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir sakit hati:

1. Menghindarinya
Cara terbaik yang mungkin Anda lakukan adalah berusaha menghindarinya. Tak ada alasan bagi Anda untuk memaksakan diri dan kembali merajut hubungan yang sudah kandas sendirian. Sebisa mungkin, hindari juga stalking si mantan di social media. Meskipun dapat mengobati rasa penasaran Anda, namun hal ini justru lebih menyakitkan bagi diri sendiri. Sama sekali tidak berkomunikasi dengan mantan memang sulit, terlebih lagi jika Anda masih mencintainya. Tapi ini adalah langkah pertama yang penting. Ingat, semakin Anda mencoba mendekatkan diri kembali dengan mantan, semakin lama pula jalan Anda untuk segera move on.

2. Teriak dan Menangislah
Keluarkan semua perasaan Anda, tak perlu dipendam. Menangis jika sedih, teriaklah bila kesal. Jika memendam perasaan, berarti Anda tidak memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk menata hati dan move on. Salah satu langkah untuk segera menyembuhkan patah hati adalah dengan memberi waktu untuk 'berduka', terutama jika hubungan asmara sudah terjalin lama.

3. Mengalihkan Pikiran
Pastinya sulit mengalihkan pikiran ketika apa yang ada di pikiran Anda sekarang hanyalah si mantan. Tapi sebisa mungkin buatlah diri Anda tetap sibuk. Mulailah mengalihkan emosi pada sesuatu, seperti bekerja, belajar atau olahraga. Cari kegiatan apapun yang bisa mengalihkan pikiran Anda daripada hanya termenung sendirian, sampai rasa sakit hati itu hilang sepenuhnya.

4. Dikeliling Teman
Salah satu cara terbaik untuk mengalihkan diri dari segala pikiran negatif adalah bersenang-senang dengan teman terdekat. Anda mungkin merasa sangat terpuruk saat ini, tapi sahabat paling tahu bagaimana membuat senyum kembali di wajah Anda.

5. Tak Perlu Mencoba Membuatnya Kembali
Jika si mantan sudah move on dan mengencani wanita lain, ini bukan waktu yang baik untuk memenangkan hatinya lagi. Mencoba mendapatkannya kembali akan membuat hari Anda makin buruk. Jangan mencoba menyabotase hubungan baru tersebut, karena nantinya akan jadi bumerang bagi Anda.

6. Buat Daftar Kejelekan Mantan
Mungkin terdengar kekanak-kanakan, tapi cara ini bisa efektif. Buatlah daftar kejelekan mantan kekasih, mulai dari kebiasaannya yang selalu membentak ketika bertengkar, selalu telat datang saat janjian, suka berbohong, dan sebagainya. Secara tidak langsung, Anda jadi sadar kenapa tidak harus terus bersamanya dan membuat proses penyembuhan patah hati berlangsung lebih cepat.

7. Nikmati Waktu
Meskipun si mantan sudah move on begitu cepatnya, tak berarti Anda harus begitu. Move on bukanlah suatu perlombaan. Tiap orangnya memiliki waktu yang berbeda-beda untuk move on. Anda mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, dan itu bukanlah hal yang buruk.
Share: Facebook Twitter Google+