7 Batu Mulia Paling Dicari Di Indonesia

1. Batu Bacan

Batu Bacan
Batu bacan adalah jenis batu mulia asal Indonesia yang banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan, Maluku Utara atau tepatnya di pulau bacan. Batu bacan paling populer adalah jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea. 
Perbedaan anatara batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Bacan doko memiliki warna hijau gelap sedangkan bacan palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.


2. Batu Safir

Batu Safir
Batu Safir termasuk dalam mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu safir mempunyai banyak variasi warna antara lain biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Batu safir dipercaya dapat menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya 


3. Batu Zamrud

Batu Zamrud
Batu Zamrud memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan telah dikenal oleh banyak orang sejak ribuan tahun. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs. Batu Zamrud dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.


4. Batu Ruby

Batu Ruby
Batu ruby sering disebut juga batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang banyak digemari di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ruby bervariasi tergantung dari tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian.


5. Batu Opal (Kalimaya)

Batu Opal (Kalimaya)
Batu opal adalah jenis batu mulia yang mampu mengeluarkan aneka macam warna. Di Indonesia, batu opal  dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya bervariasi tergantung kualitas. Harga batu opal/kalimaya termahal sekitar 2.500 dollar/karat.


6. Batu Giok


Batu Giok
Batu giok sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Semakin tingginya peminat batu akik belakangan ini, membuat harga batu giok makin mahal.
Batu Giok mempunyai khas warna hijau dan banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Sebagian orang percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya.


7. Batu Kecubung (Amethyst)

Batu Kecubung (Amethyst)
 Batu kecubung mempunyai warna khas ungu dan biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional.
Selain dijadikan sebagai perhiasan, kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.
Share: Facebook Twitter Google+