Cara Agar Blog Menjadi Mobile-Friendly

Mungkin masih belum banyak yang tahu bahwa Google tangah mengembangkan sistem Algoritma baru untuk layanan search engine miliknya,  Situs-situs yang memiliki optimalisasi mobile lebih baik akan memiliki peringkat yang lebih tinggi. Tidak masalah jika Anda mencari menggunakan ponsel, Chrombook, atau komputer desktop. Tapi, situs yang lebih Mobile-Friendly akan mendapat tempat lebih baik dalam peringkat hasil pencarian.

Sistem ini akan mulai diterapkan oleh Google dalam beberapa minggu ke depan, tepatnya 21 April. Google indexes search akan lebih menitikberatkan pencarian terhadap perangkat mobile. Perubahan ini akan mempengaruhi pencarian di seluruh dunia, dan Google mengatakan perubahan akan signifikan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan hasil yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.

Namun sudah tahukah kamu, khususnya para blogger bagaimana cara agar blog kalian menjadi Mobile-Friendly? Mungkin alangkah baiknya agar kalian mengecek Blog kalian terlebih dahulu di Pengujian Situs Mobile-Friendly, Jika keterangan yang didapat seperti gambar di bawah berarti Blog kalian sudah Mobile-Friendly.

Cara Agar Blog Menjadi Mobile-Friendly

Namun bagaimana jika keterangan tidak seperti gambar di atas, itu artinya Blog kalian belum Mobile-Friendly. Lantas bagaimana agar blog menjadi Mobile-Friendly? Silahkan penjelasannya berikut.

1. Silahkan Masuk Akun Blogger Kamu.
2. Pilih Setelan - Pilih Preferensi Penulusuran
3, Salahkan  Edit pada bagian robots.txt dan masukan kode dibawah ini,

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: http://cidanda.net/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
4. Ganti http://cidanda.net dengan URL Blog kalian dan Simpan Perubahan.

Selain tips di atas tentunya kamu harus menggunakan Template yang Responsiv. Ya sudah mungkin itu saja Tips yang bisa saya bagikan, setelah langkah di atas dilakukan silahkan cek kembali Blog kalian, Apakah sudah Mobile-Friendly atau  belum. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Share: Facebook Twitter Google+