Cara Melaporkan Akun Facebook Yang Pemiliknya Sudah Meninggal Dunia


Cara Melaporkan Akun Facebook Yang Pemiliknya Sudah Meninggal Dunia
Siapa sih yang tidak kenal facebook? Seperti yang kita tahu, facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial network terbesar saat ini. Hampir masyarakat dunia mempunyai akun di facebook, tidak heran setiap tahun para penggunanya selalu meningkat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa juga punya akun di facebook, namun rata-rata penggunanya saat ini adalah anak-anak remaja. Saat ini negara yang paling besar penggunanya adalah Amerika Serikat. Indonesia sendiri adalah pengguna facebook terbesar kedua di benua Asia setelah India dan salah satu anggota top 5 pengguna facebook terbesar di dunia.

Dari tahun ke tahun pengguna facebook terus meningkat. Hal ini diakibatkan karena pertumbuhan teknologi yang juga terus meningkat terutama dalam teknologi gadget sehingga para user baru yang kebanyakan pengguna ponsel dengan mudahnya bisa membuat akun facebook.

Namun meskipun mengalami peningkatan tetapi tidak sedikit pula yang meninggalkan facebook dengan alasan tertentu. Beberapa alasan diantaranya adalah bertumbuhnya sosial network yang baru seperti twitter yang saat ini menjadi tempat para selebriti atau para tokoh papan atas dunia nongkrong didunia maya, alasan lainnya adalah mulai bosan, tuntutan keadaan/kesibukan dalam dunia nyata atau si pemilik akun sudah meninggal dunia.

Lalu bagaimana keadaan akun yang sudah ditinggal pemiliknya itu? Akun yang sudah tak berpenghuni itu akan terus ada dan tidak akan di hapus oleh pihak facebook kecuali ada yang melaporkan ke pihak facebook bahwa akun tersebut sudah ditinggal.

Kalau akun yang ditinggal mati si pemilik tentu akan terus terbengkalai dan terus ada dan masih bisa dilihat oleh para user lain entah itu status, foto, atau info-info yang lainya.

Namun yang menjadi masalah adalah apabila sang pemilik akun tersebut pernah mengirim status atau foto yang kurang baik contohnya berkata kotor atau mengunggah foto yang tidak senonoh tentu akan ada dan terus terlihat oleh user lain. Hal itu mungkin akan berdampak buruk juga pada si pemilik yang sudah meninggal dunia. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal yang buruk maka dari pihak kerluarga atau teman yang masih hidup sebaiknya melaporkan akun tersebut ke pihak facebook supaya cepat di hapus.

Lalu bagaimana cara melaporkan akun facebook teman atau saudara yang sudah meninggal dunia?
Caranya cukup mudah, kita tinggal menuju pusat bantuan facebook:

Silahkan KLIK DISINI dan isi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh facebook.

Dengan alasan tertentu kamu atau keluarga terdekat dapat meminta pihak facebook untuk menghapus akun orang yang sudah meninggal dunia untuk selamanya dan data serta aktifitasnya di facebook tidak terlihat lagi.

Permintaan ini hanya dapat dilakukan oleh keluarga terdekat yaitu Ayah/Ibu, Anak, Suami/Istri, atau Saudara kandung. Dengan menyertakan dokumen pendukung seperti akta kelahiran dan surat kematian. Namun apabila tidak ada keluarga inti terdekat, keluarga besar seperti Kakek/Nenek, Paman/Bibi, Cucu atau Keponakan, atau sahabat dekat seperti teman sekerja juga bisa, tetapi perlu disertai dokumen pendukung dari pemerintah setempat seperti RT atau RW.
Share: Facebook Twitter Google+