Tips Membersihkan Komedo Hitam di Wajah dan Hidung

Memiliki komedo di wajah tentu akan membuat kamu terganggu dan malu apabila ada orang yang melihatnya. Komedo merupakan salah satu dari jenis jerawat, komedo tumbuh karena pori-pori yang tertutup kotoran.

Mengapa ada yang berkata bahwa komedo itu merupakan cacing wajah? Komedo cacing hanyalah sebuah sebutan untuk komedo, hal ini terjadi karena bentuk komedo apabila terangkat berbentuk panjang yang mirip dengan cacing.

Munculnya komedo ini sendiri disebabkan oleh kulit yang kotor ini merupakan salah satu penyebab utama tumbuhnya komedo di kulit, karena pori-pori tertutup oleh kotoran maka komedo akan dengan mudah muncul di wajah kamu. (Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami)

Selain karena kulit kotor komedo juga bisa muncul karena kulit yang terlalu berminyak, untuk menghindari wajah yang berminyak sebaiknya anda benar-benar teliti dalam memilih kosmetik yang cocok untuk wajah kamu. Kalau sudah bermunculan komedo di wajah bagaimanakah cara menghilangkan komedo itu?

Cara Membersihkan Komedo Hitam
Sebelum kamu memulai untuk membersihkan komedo, perhatikan dengan jelas dulu bagaimana jenis komedo dan jenis kulit kamu. Jenis-jenis komedo dibedakan menjadi dua yaitu Komedo terbuka atau Blackhead dan Komedo tertutup atau whitehead.

Dengan kamu mengenali dulu bagaimana jenis kulit dan komedonya maka kamu akan dengan mudah untuk menentukan pembersih apa yang cocok untuk kulit kamu. Karena dengan munculnya komedo kebersihan kulit dulu yang harus diperhatikan.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan pelembab apa yang anda gunakan untuk wajah kamu. Dan yang perlu kamu hindari adalah produk yang menimbulkan komedo antara lain alas bedak, shampo kondisioner, susu pembersih, tabir surya dan lain sebagainya.

Lalu apakah benar ada jenis komedo yang berwarna hitam? Memang benar ada komedo yang berwarna hitam, biasanya komedo hitam ini berada di sekitaran hidung.

Bagaimana cara membersihkannya? Gunakanlah scrub untuk membersihkan sel kulit mati dan juga dengan menggunakan scrub akan membantu untuk mengangkat minyak pada kulit  dan kotoran pun akan hilang sehingga komedo juga akan dengan sendirinya menghilang dari wajah.

Selain itu kamu juga dapat membersihkan komedo dengan menggunakan pore pack. Dengan begitu kulit kamu tidak akan iritasi karena menggunakan cara yang aman.

Cara Membersihkan Komedo di Wajah
Ada banyak cara untuk membersihkan komedo di wajah diantaranya adalah dengan menggunakan air putih ataupun air bersih untuk membersihkan wajah. Lalu dengan menggunakan air panas dan garam, hal ini akan membantu untuk membuka pori-pori dan melancarkan peredaran darah dari kulit sehingga anda tinggal membersihkan komedo yang mulai terbuka menggunakan kapas.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk yang diberi sedikit air lalu taruh kulit jeruk di tempat yang ada komedonya diamkan selama semalam, maka komedo akan terangkat dengan sendirinya.

Selain itu kamu juga dapat mencobanya dengan menggunakan lidah buaya dengan cara memotong lidah buaya dan gunakan lendir untuk dioleskan ke wajah yang berkomedo, diamkan sekitar 10-15 menit.

Apabila kamu tidak mau repot-repot, cukup dengan pergi ke salon untu facial secara teratur, selain dapat membersihkan wajah dengan facial juga akan membuat wajah kamu segar kembali.


Cara Membersihkan Komedo di Hidung
Bagaimanakah cara untuk membersihkan komedo di hidung? Sebenarnya cara untuk membersihkan komedo yang ada di wajah dengan komedo yang ada di hidung semuanya hampir sama hanya saja letaknya yang memang lebih sulit untuk dibersihkan karena biasanya ada pada lekukan-lekukan hidung.

Untuk mudahnya kamu gunakan pore pack, sehingga itu tidak akan menyulitkan kamu dalam membersihkan komedo. Namun yang terpenting adalah dengan menjaga pola makan, hindarilah terlalu banyak mengkonsumsi telur, coklat, durian, gorengan, santan dan segala yang mengandung banyak lemak.

Semua yang telah kita bahas di atas adalah cara membersihkan komedo secara aman untuk kamu lakukan. Pembersihan kulit sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur agar komedo di wajah maupun dilekukan hidung anda akan segera hilang dan tidak muncul lagi.

Dan jangan biasakan untuk memencet komedo, apabila itu dilakukan maka akan terjadi iritasi pada kulit karena tangan dan kuku kamu mungkin tidak steril.
Share: Facebook Twitter Google+