7 Bentuk Kuku Ini Menandakan Kesehatanmu

Sedikit yang menyadari kalau kuku pada jari manusia bisa memberi peringatan terhadap kesehatan. Bahkan, bentuk dan tekstur kuku manusia bisa mendeteksi adanya penyakit serius dalam tubuh seseorang.

Coba lihat kuku-kuku pada jari manis Kita, apakah tebal atau tipis? Bergelombang atau bergaris? Jika iya, segeralah periksa kesehatan Kamu. Berikut adalah cara melihat kesehatan dari bentuk kuku Kita.



Kuku Berubah Warna
1. Kuku Berubah Warna
Kuku yang sehat adalah kuku yang punya warna merah dengan sentuhan warna putih di bagian pangkal. Namun, jika kuku Kamu memiliki warna pucat atau bergaris dengan warna lain, mungkin Kamu memiliki beberapa masalah kesehatan serius yang tersembunyi.
Kuku yang punya warna hijau bisa dihubungkan dengan infeksi bakteri. Sementara garis-garis merah di kuku bisa dihubungkan dengan infeksi katup jantung. Beda lagi jika Kamu punya kuku berwarna pucat, itu bisa menjadi tanda kekurangan vitamin.

Kuku dengan warna kebiruan dapat menunjukkan tingkat oksigen yang rendah dalam darah Kamu. Dan, kuku berwarna putih bisa menjadi tanda penyakit hati, seperti hepatitis.



 Kuku Tebal
2. Kuku Tebal
Kuku tebal adalah bentuk kuku yang tidak wajar. Kuku tebal dengan tekstur bergelombang dapat berhubungan dengan infeksi jamur. Sementara kuku tebal dan terbelah bisa menandakan penyakit tiroid dan psoriasis.



Kuku Mengelupas
3. Kuku Mengelupas
Kuku ini tampak mengelupas dari dalam lapisan. Ini bukan diakibatkan karena terlalu sering mencuci atau memoles kuku. Kuku yang mengelupas dapat berhubungan dengan vitamin C, asam folat, dan kelemahan protein. Selain itu, sekitar sepuluh persen kuku yang mengelupas bisa memberi tanda bahwa Kamu kekurangan gizi.



Kuku Cekung
4. Kuku Cekung
Kuku yang melengkung atau cekung ke atas bisa menandakan bahwa Anda kekurangan zat besi, tanda penyakit jantung, dan hipotiroidisme.



Kuku Berlubang
5. Kuku Berlubang
Bentuk kuku berlubang seperti kena benturan ini bisa dihubungkan dengan psoriasis dan masalah kesehatan rambut, seperti kerontokan.



Kuku Bergaris
6. Kuku Bergaris
Jika kuku Kamu halus dengan garis mulus, maka kamu sehat. Tapi jika kuku kamu memiliki tekstur garis yang kasar, maka ada masalah kesehatan pada tubuh kamu. Garis kasar pada kuku dapat berhubungan dengan kekurangan zat besi, inflamasi arthritis, dan lupus.




Kuku Bengkak
7. Kuku Bengkak
Bentuk kuku bengkak, oval, atau kembung itu kemungkinan Anda punya masalah dengan kesehatan. Penyakit paru-paru atau masalah pernapasan jadi gangguan yang kesehatan yang bersembunyi pada tubuh si pemilik kuku.

Tak hanya itu, jenis kuku ini juga berkaitan erat dengan penyakit radang usus, penyakit hati, bahkan AIDS. Bentuk kuku ini bukan satu-satunya cara untuk melihat kesehatan manusia. Namun tanda-tanda yang diberikan oleh kuku ini bisa jadi peringatan untuk Kita untuk hidup lebih sehat dan rutin memeriksakan kesehatan Kita.
Share: Facebook Twitter Google+