7 Tim Eropa Yang Pernah Meraih Treble Winners

7 Tim Eropa Yang Pernah Meraih Treble Winners



Sejarah tercipta di Olympiastadion, Berlin, Sabtu 1 Juni 2013. Bayern Munich memastikan diri sebagai tim Jerman pertama yang meraih treble winners atau tiga gelar dalam satu musim. Die Roten sukses menaklukkan VfB Stuttgart 3-2 dalam final DFB-Pokal.

Istilah Treble Winners merujuk jika suatu klub yang mampu meraih liga domestik, piala domestik, dan Liga Champions Eropa dalam satu musim. Gelar lain yang hanya terdiri dari satu atau dua pertandingan seperti Community Shield, Piala Super Eropa, Piala Super Italia, atau Piala Dunia Antarklub tak termasuk kategori treble.

Bayern tercatat sebagai tim ketujuh Eropa yang berhasil meraih treble. Goteborg (Swedia), Galatasaray (Turki), Liverpool (Inggris), Porto (Portugal), dan CSKA Moskow (Rusia) juga sempat meraih tiga gelar dalam semusim. Namun trofi Eropa yang mereka menangkan adalah Liga Europa bukan Liga Champions.

Berikut daftar 7 tim elit Eropa yang pernah meraih Treble Winners:

1. Glasgow Celtic musim 1966-1967
Tim Eropa pertama yang sempat meraih treble adalah Glasgow Celtic. Klub asal Skotlandia ini meraihnya pada musim 1966-1967. Celtic sanggup meraih Scottish Football League, Scottish Cup, dan Liga Champions (masih bernama European Cup atau Piala Champions) pada saat itu.

Bermaterikan pemain seperti Stevie Chalmers, Jimmy Johnstone, Bobby Lennox, dan Billy McNeill, Celtic tak terbendung di kompetisi domestik dan Eropa. Di final Piala Champions, Celtic sanggup menjungkalkan jagoan Italia, Inter Milan dengan skor 2-1.

Musim itu Celtic bukan hanya meraih tiga gelar. Tim yang dilatih Jock Stein ini juga berhasil meraih Scottish League Cup dan Glasgow CUP.

2. Ajax Amsterdam musim 1971-1972
Ajax tercatat sebagai tim kedua Eropa yang meraih treble. Dimotori pemain legendaris, Johan Cruijff, raksasa Belanda ini memang begitu disegani pada musim 1971-72. Tim yang dilatih Stefan Kovacs ini berhasil meraih Eredivisie, KNVB Cup, European Cup dalam satu musim.

Di final European Cup, Ajax sukses menaklukkan Inter Milan 2-0. Johan Cruijff mencetak dua gol de Amsterdammers dalam laga yang berlangsung di Feijenoord Stadion, Rotterdam. Ini disebut-sebut sebagai puncak kesuksesan "Total Football".

3. PSV Eindhoven musim 1987-1988
Tim Belanda lainnya, PSV Eindhoven menyusul jejak Ajax pada musim 1987-88. PSV memang begitu tangguh musim itu dengan generasi emasnya, yakni Ronald Koeman, Eric Gerets, Soren Lerby, dan Wim Kieft. Ditambah polesan tangan dingin pelatih Guus Hiddink, PSV sukses mengumpulkan gelar Eredivisie, KNVB Cup, European Cup dalam satu musim.

Di final European Cup, PSV sukses menaklukkan raksasa Portugal, Benfica 6-5 lewat adu penalti. Sebelumnya kedua tim bermain imbang 0-0 dalam 120 menit. Lima pemain PSV musim tersebut berhasil membawa Belanda menjuarai Piala Eropa 1988.

4. Manchester United musim 1998-1999
Musim 1998-1999 adalah musim bersejarah bagi Manchester United. Di musim ini, mereka berhasil mencatatkan sejarah sebagai satu-satunya tim Inggris yang meraih treble hingga saat ini.

MU yang diperkuat pemain-pemain seperti David Beckham, Ryan Giggs, Dwight Yorke begitu menakutkan. Mereka menyabet Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Final Liga Champions musim 1998-99 tak akan pernah dilupakan sepanjang sejarah. Laga yang berlangsung di Camp Nou itu berlangsung sangat dramatis. Dua gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer di masa injury time.

5. Barcelona musim 2008-2009 dan 2014-2015
Di bawah tangan dingin Pep Guardiola, Barcelona menjelma menjadi kekuatan yang menakutkan. Thierry Henry, Lionel Messi, dan juga Samuel Eto'o menjadi kunci kekuatan raksasa Catalan ini meraih treble musim 2008-2009. Gelar La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions berhasil diraih mereka musim itu. Kemenangan 2-0 atas Manchester United di final Liga Champions menyempurnakan musim Barca saat itu.

Barcelona juga mencatat sejarah sebagai satu-satunya tim sepakbola yang meraih sextuple atau 6 gelar sepanjang satu tahun. Pada 2009, Alzugranas juga berhasil meraih Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

6. Inter Milan musim 2009-2010
Hanya semusim setelah sukses Barcelona, tim Eropa lain kembali berhasil mencatatkan prestasi treble. Inter Milan yang diasuh oleh Jose Mourinho berhasil mencapai prestasi fenomenal ini.

La Beneamata berhasil meraih gelar Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions dalam satu musim. Sepasang gol Diego Milito di final Liga Champions membuat Inter menaklukkan Bayern Munich 2-0. Hingga kini, Inter tercatat sebagai satu-satunya tim Italia yang meraih Treble Winners.

Catatan lain berhasil diraih oleh Samuel Eto'o. Striker timnas Kamerun ini berhasil menjasi pemain pertama yang sanggup meraih treble berturut-turut dengan 2 tim yang berbeda. Semusim sebelumnya Eto'o meraihnya bersama Barcelona.

7. Bayern Munich musim 2012-2013
Musim 2012-13 ini menjadi musim bersejarah bagi Bayern Munich. FC Hollywood berhasil memastikan gelar Bundesliga saat kompetisi masih menyisakan 6 pertandingan.

Armada Jupp Heynckes berhasil meraih agregat sangat telak di babak perempat final dan semifinal. Juventus disingkirkan dengan agregat 4-0, sementara Barcelona didepak dengan agregat 7-0.

Di partai final Liga Champions, Die Roten berhasil mengalahkan tim sesama Jerman, Borussia Dortmund dengan skor 2-1. Musim Bayern menjadi sempurna setelah mengalahkan VfB Stuttgart 3-2 di final DFB-Pokal dini hari tadi. Die Roten menjadi tim Jerman pertama yang meraih Treble Winners.

Ini juga menjadi kado perpisahan yang indah untuk pelatih Jupp Heynckes yang selanjutnya digantikan Pep Guardiola pada musim berikutnya. Hal yang terjadi dengan Bayern mirip dengan Inter pada 2010. Saat itu Inter juga ditinggalkan oleh Jose Mourinho yang sukses mempersembahkan Treble Winners.
Share: Facebook Twitter Google+