Bahan Alami Penyembuh Asam Urat

Bahan Alami Penyembuh Asam Urat

Asam Urat, dengar namanya saja sudah ngeri apalagi kalau sampai menderitanya, tak bisa dibayangkan bagaimana sakitnya. Sendi-sendi kita diserang yang selanjutnya muncul pembengakakan, meradang, panas dan kaku pada persendian mulai dari jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Dan itu terjadi karena adanya penumpukkan kristal pada persendian disebabkan tingginya kandungan asam urat pada tubuh, sungguh satu kondisi yang semua orang tak menginginkannya.

Para pakar kesehatan kemudian merekomendasikan beberapa tanaman yang ampuh dan diyakini bisa mengatasi penyakit asam urat ini, diantaranya :

1. Jahe Merah (zingiber officinale)
Jahe merah termasuk salah satu obat herbal mengatasi asam urat yang cukup efektif sebagai obat pemakaian jangka panjang. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika menggunakan jahe merah untuk pengobatan seorang penderita asam urat tidak boleh terlalu banyak, karena sifat jahe merah yang setiap saat dapat memicu naiknya asam lambung atau menurunkan tekanan darah. Jahe merah memiliki kandungan flavonoid, terpenoid, vitamin, dan mineral makro yang membantu mengatasi asam urat dalam 3 hal, yaitu kristal asam urat yang melekat di persendian, mengurangi reaksi peradangan atau nyeri yang terjadi, dan meningkatkan kinerja organ ginjal dan hati untuk reaksi detoksifikasi serta pelarutan pada urin. Anda dapat merebus sekitar 3-4 siung jahe merah dalam 200ml air dan menyisakan setengahnya untuk diminum 2 kali sehari di pagi dan malam hari sesudah makan..

2. Brotowali (tinospora cordifolia)
Bagi peminat jamu, tentu saja sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata brotowali. Tanaman herbal yang dikenal dengan rasanya yang sangat pahit ini diklaim sebagai salah satu tanaman asli Asia Tenggara. Di Indonesia tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda. Di jawa dikenal sebagai bratawali, daun gadel, dan putrawali, di sunda disebut dengan andawali, sedangkan dibali lebih dikenal dengan antawali.
Brotowali dianggap sebagai salah satu alternatif herbal paling penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh (immuno-modulator). Karena sifatnya itu, brotowali buat tubuh lebih sehat pada penyakit dan lebih awet muda. Kecuali mempermudah asam urat, brotowali bermanfaat juga mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh.

3. Teh Hijau
Teh hijau memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi Anda jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Dianjurkan dalam sehari cukup dua kali minum saja. Dan memang teh hijau mempunyai kandungan banyak polifenol yang bekerja sebagai anti-oksidan pencegah serangan asam urat. Teh hijau juga mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat mengontol asam urat dalam tubuh.
Share: Facebook Twitter Google+