Beberapa Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan

Air lemon sangat kaya vitamin dan nutrisi. Buah ini dapat membantu tubuh memerangi berbagai macam jenis penyakit berbahaya.Ekstrak buah lemon memiliki lebih dari 100% kandungan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah ini, pastikan mendapatkannya dari perasan buah lemon segar secara langsung. Mengonsumsi air lemon dapat memberikan berbagai macam manfaat, seperti :

1. Membantu mengontrol tekanan darah
Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita gangguan hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan mengonsumsi air lemon secara teratur akan membuat tekanan darah menjadi normal serta dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran sehingga mengurangi stress dan depresi.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Air lemon membantu meringankan masalah pencernaan, seperti mulas, mual, perut kembung, sendawa, maupun gangguan sembelit (susah buang air besar). Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat. Mengonsumsi ramuan tersebut secara teratur akan membantu merangsang saluran pencernaan.

3. Merangsang fungsi hati
Kandungan senyawa alami yang terdapat dalam manfaat air lemon mampu melarutkan kandungan asam urat serta racun berbahaya lainnya yang bersarang pada organ hati.
bagi yang sedang mengalami gangguan fungsi hati, ada baiknya mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari secara teratur, yaitu satu jam sebelum Anda sarapan.
Selain itu, air lemon juga bermanfaat untuk membantu memecah batu empedu serta dapat meringankan demam akibat malaria.

4. Membersihkan tubuh dari bakteri
Dalam bukunya yang berjudul “Back To Eden” Jethro Kloss menyatakan bahwa ekstrak air lemon membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan mempengaruhi kemampuan anti scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran. Sedangkan Dr. Gillian McKeith dalam buku berjudul “You Are What You Eat” menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur, dapat membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh.

5. Membantu meredakan demam
Mengonsumsi campuran air lemon hangat dengan madu dapat membantu meredakan gejala-gejala flu seperti demam. Konsumsi ramuan tersebut setiap dua jam hingga gejala flu mereda.

6. Sebagai aromaterapi
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan minyak essential dalam buah lemon dapat memberikan efek menenangkan dan meringankan kelelahan, pusing, gelisah, gugup, serta ketegangan. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan seseorang. Para ahli telah merekomendasikan untuk menggunakan aroma lemon untuk membuat ruangan kerja maupun rumah menjadi lebih segar. Atau bisa juga dengan mengambil beberapa tetes kandungan minyak essential lemon dan menerapkannya pada sapu tangan untuk mengurangi rasa tegang.

7. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat air lemon hangat dengan campuran madu secara rutin dipercaya dapat membantu dalam proses penurunan berat badan dengan lebih cepat. Manfaat serat pektin dalam lemon dapat membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

8. Membantu perawatan gigi
Bagi Anda yang sedang mengalami masalah sakit gigi, cobalah untuk mengoleskan ekstrak lemon pada daerah yang terasa sakit. Hal ini akan membantu menyingkirkan rasa tak nyaman tersebut. Selain itu, ekstrak lemon dapat membantu menurunkan gejala gusi berdarah, mencegah bau mulut, serta mengatasi gangguan gusi lainnya.

9. Mengurangi peradangan
Tingkat keasaman dalam tubuh yang menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi air lemon. Hal ini akan menghilangkan asam urat dalam sendi, yang merupakan penyebab utama terjadinya peradangan.

10. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Dalam buah lemon banyak sekali terkandung Vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.
Share: Facebook Twitter Google+