Mahal Dan Bermerek, Belum Tentu Smartphone Itu Baik

Mahal Dan Bermerek, Belum Tentu Smartphone Itu Baik
Lupakan cara memilih smartphone berdasarkan harga atau brand, tapi kita lihat lebih dalam yang sangkut pautnya lebih kuat terhadap kepuasan hati kita

Memilih smarphone juga ada ilmunya, jangan tergiur oleh harga murah atau karena kecintaan terhadap brand karena akibatnya tidak baik. Kita bicara soal kualitas, smartphone yang memiliki kualitas yang bagus bukan saja keluar dari perusahaan ternama yang memiliki reputasi baik, namun yang namanya kualitas tidak pula di jual dengan harga murah. Jadi, kita memilih handphone berdasarkan keperluan dan syukur kalo ada yang murah. Berikut beberapa yang harus diperhatikan:

Prosesor/CPU
Hal pertama kali sebelum membeli smartphone adalah mengetahui jenis prosesor. Umumnya ada 2 jenis prosesor yang banyak di gunakan oleh masing - masing produk smartphone diantaranya adalah Mediatek dan Qualcom Snapdragon. Masing-masing CPU mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti, Mediatek yang karena murah Prosesor jenis ini banyak digunakan oleh vendor china. Contohnya adalah Lenovo, Sejauh ini sisi kekurangan yang dimiliki oleh Mediatek adalah rada susah dalam urusan GPS, namun saya yakin tidak semuanya. Sedangkan Qualcom Snapdragon karena stabil dan terkesan premium, Prosesor jenis ini banyak digunakan oleh vendor yang memiliki brand seperti Samsung. Kekurangan yang ditawarkan oleh Prosesor ini adalah Mahal.

Jumlah Core Vs Clock Speed
Bingung ya bagusan mana antara Octa core vs Dual Core? atau Dual Core vs Quad Core?
Jadi gini, Semakin banyak core yang dimiliki maka peluang untuk melakukan multitasking akan lebih puas, namun jika Clock speed-nya kecil ya sama aja boong. Kesimpulannya, jumlah core hanya untuk multi-tasking, semakin banyak maka akan semakin baik. namun jika yang diharapkan adalah soal kecepatan, kita kudu cari clock speed yang gede minimal 2.0 GHZ.

Teknologi yang Tersemat pada Layar Smartphone
Ada 3 jenis Layar yang harus kita pilih diantara salah satunya, namun saya tidak melarang jika kalian ingin memilih semuanya. Sedikit ulasan tentang teknologi pada layar smartphone yang paling banyak digunakan adalah: (Baca juga: 7 Tips Memilih Modem)

IPS LCD
Jenis layar ini banyak digunakan oleh perangkat menengah keatas. Hasil gambar/warna yang diberikan oleh layar ini terbilang bagus namun tidak terlalu sempurna. Selain itu, Jenis layar dengan teknologi IPS LCD akan cepat menguras daya baterai.

TFT
Soal daya Layar dengan jenis ini cukup banyak menguras, namun sepadan dengan kerjanya yang mampu menampilkan sampai jutaan warna juga soal kesetabilan, Layar TFT adalah layar yang sangat responsif. Tak puas sampe disitu, layar dengan jenis ini mampu memberikan gambar yang berkualitas, tanjam dan jelas.

Amoled
Berbeda dengan kedua pesaing-nya, Amoled hadir sebagai jawaban jika kedua layar tersebut terlalu banyak menguras daya. Selain itu juga, Amoled bisa jauh lebih baik dari kedua pesaingnya diantarannya adalah: Tidak berpengaruh pada sinar matahari, layar tetap jelas. Memiliki apa yang ada pada layar TFT. Konsumsi daya jauh lebih rendah. Bisa Melakukan Setting warna secara manual. Soal kecerahan jauh lebih tinggi .
Share: Facebook Twitter Google+