Pencak Silat Di Negeri Paman Sam

Pencak Silat Di Negeri Paman Sam

Pencak silat adalah olah raga seni bela diri asli Indonesia yang harus dilestarikan. Namun, di negeri asalnya, pencak silat sepertinya "kalah pamor" dengan karate, taekwondo, kung fu, atau bela diri lain dari luar Indonesia. Di sekolah-sekolah kita, banyak yang mempelajari bela diri asing tersebut.

Berbeda dengan di Indonesia, pencak silat justru telah dipelajari para mahasiswa di Amerika Serikat (AS) dimulai sejak musim gugur tahun 2012 lalu. Bahkan Pencak Silat juga telah dimasukkan ke dalam kurikulum.

Kelas pencak silat ini berlangsung dari Senin hingga Kamis tiap pukul 08.55-10.10 waktu setempat. Para mahasiswa yang mengikuti kelas pencak silat tidak hanya akan mempelajari jurus-jurus pencak silat, tetapi juga budaya Indonesia.

Tidak heran, pencak silat memang lekat dengan kebudayaan Tanah Air. Kata Pencak Silat sendiri merupakan gabungan dua istilah. "Pencak" dari bahasa Sunda, atau "Mancak" dari bahasa Madura dan Bali, dengan "Silat" atau "Silek" yang biasa digunakan di Sumatra.

Kelas pencak silat ini akan melatih aspek fisik para mahasiswa, aplikasi bela diri, pertarungan satu lawan satu, jurus mengunci lawan, hingga pelatihan spiritual. Materi yang diberikan akan mencakup dasar-dasar pencak silat yakni dasar-dasar menyerang, bertahan, bela diri, dan pencak silat sebagai seni.
Share: Facebook Twitter Google+