Tips Memilih Alas Bedak Untuk Kulit Yang Sensitif

Tips Memilih Alas Bedak Untuk Kulit Yang Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami kemerahan, rasa panas, tersengat, pedih, dan gatal karena berbagai hal. Insiden kulit sensitif ini ternyata cukup tinggi di masyarakat. Di Perancis, dilaporkan hampir 50% populasi wanita dewasa memiliki kulit sensitif.

Faktor yang dapat mencetuskan gejala tersebut bervariasi, mulai dari faktor fisik seperti radiasi ultraviolet, panas, dingin, dan angin, atau faktor kimia seperti kosmetik, sabun, air, dan polusi. Selain itu, faktor psikologis seperti stres dan hormonal seperti siklus menstruasi juga dapat mempengaruhi.

Kulit sensitif menjadi momok bagi wanita terutama bagi mereka yang gemar dan perlu menggunakan riasan dalam kesehariannya. Wanita yang memiliki kulit sensitif sangat mudah mengalami gejala yang mengganggu setelah pemakaian produk perawatan wajah maupun makeup yang bersifat iritatif.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memilih produk wajah yang lembut dan tidak membuat kulit iritasi. Alas bedak adalah produk riasan yang berperan sebagai dasar bagi riasan Anda. Alas bedak yang baik akan menciptakan “kanvas” yang mulus untuk riasan Anda. Memilih alas bedak yang cocok dengan warna kulit Anda sangatlah penting, agar muka Anda tidak seperti mengenakan topeng.

Namun selain itu, sangatlah penting untuk memilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lalu, bagaimana memilih alas bedak yang tidak menyebabkan kulit Anda “marah”?

  1. Pastikan agar alas bedak yang Anda gunakan tidak mengandung bahan yang iritatif seperti etanol, mentol, benzil alkohol, glikol, asam hidroksi, retinoid, lauryl sulfat, laureth sulfat, dan amonia. Bahan yang bersifat “kasar” juga harus dihindari, seperti mika, silika, bismut oksiklorid, dan polietilen
  2. Jika alas bedak Anda mengandung tabir surya, jangan memilih yang mengandung asam para-aminobenzoat, benzofenon, dan sinamat. Sebaliknya, gunakan bahan aktif yang aman untuk kulit sensitif, seperti titanium dioxide dan zinc oxide.
  3. Alas bedak jenis bubuk dan padat bersifat kurang iritatif dibandingkan dengan yang berbentuk cairan. Pilihlah alas bedak yang mengandung kurang dari sepuluh zat. Hindari produk yang mengandung pengawet iritatif seperti paraben. Akan lebih baik jika alas bedak yang Anda pilih juga mengandung zat anti-iritan seperti aloe vera, kamomil, dan bisabolol.
Share: Facebook Twitter Google+