Jangan Pernah Mengatur Tanggal iPhone Kamu Ke Tahun 1970


Jangan Pernah Mengatur Tanggal iPhone Kamu Ke Tahun 1970

Di awal minggu ini, banyak pengguna iPhone tertipu setelah muncul ajakan untuk mengeset ulang kalender iPhone ke tanggal 1 Januari 1970. Awalnya, jika mengeset ke tanggal tersebut, pengguna dijanjikan iPhone-nya bisa menampilkan tema Macintosh lawas, ketika logo Apple masih berwarna pelangi.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, iPhone-iPhone yang tanggalnya diset Januari 1970 justru mengalami bootloop permanen, akibatnya iPhone tidak bisa digunakan lagi. Hal ini terutama terjadi pada iPhone generasi terbaru yang mengusung prosesor 64-bit. Apa yang terjadi?

Awal waktu dunia teknologi

Berdasarkan penjelasan YouTubers, Tom Scott, terungkap bila iPhone menggunakan sistem waktu 'Unix Epoch time'. Sistem penanggalan ini menampilkan setiap detik dari tahun 1970 di teknologi-teknologi berbasis Unix, termasuk produk Apple. Nah, apabila Anda mengeset iPhone di tanggal 1 Januari 1970, maka nilai Epoch time iPhone menjadi 0 (nol).

Ini tentu masalah besar, sebab iPhone akan berusaha menampilkan waktu sebelum Epoch time yang tidak ada dalam sistem. Saat si iPhone berusaha mendeteksi notifikasi yang masuk, misalnya pesan yang masuk 1 menit sebelum Anda mengubah tanggal ke 1 Januari 1970, maka si iPhone akan mengalami kerusakan sistem.

Hal ini terjadi karena pesan yang masuk tadi dihitung oleh iPhone masuk sebelum tanggal 1 Januari 1970. Dan data penanggalan sebelum 1 Januari 1970 tidak ada dalam sistem.
Share: Facebook Twitter Google+