Tips Membedakan Telur Yang Sehat Dengan Yang Tidak

Tips Membedakan Telur Yang Sehat Dengan Yang Tidak

Telur yang baik dihasilkan dari ayam yang sehat. Ayam yang sehat mempunyai asupan gizi yang baik dari makanan yang didapatkan di peternakan. Nutrisi yang diperoleh seekor ayam akan diteruskan ke telur mereka. Ayam-ayam yang semakin lebih sehat hidup dengan leluasa mencari makan seperti serangga serta hewan kecil lainna di alam terbuka, dengan aliran udara yang segar hingga mereka bisa membuahkan telur-telur yang sehat serta berkualitas tinggi. Namun ayam jaman saat ini umumnya hidup dalam kandang. Ayam-ayam ini tidak mempunyai cukup ruangan untuk beraktivitas, bahkan juga tidak dapat melihat matahari, makanannya yaitu makanan pakan.

Karena telur adalah bahan makanan yang bergizi, relatif murah serta mudah diketemukan jadi sebaiknya kita mengenali seperti apa telur yang sehat serta baik kualitasnya dan yang buruk kualitasnya.

Untuk mengetahui Ciri-ciri telur dengan kualitas yang baik, perhatikan beberapa hal tersebut :

1. Ketebalan Cangkang atau kulit Telur
Lihatlah cangkang atau kulit telur, telur yang baik bakal mempunyai kulit atau cangkang yang cukup tidak tipis serta tidak transparan dan cukup susah untuk meretakkannya. Bila kulit telur terlihat transparan apabila diketuk sangatlah mudah retak serta pecah dapat dipastikan telur itu buruk kualitasya.

2. Warna Kuning Telur
Biasanya kita terbiasa dengan warna kuning telur yang kuning jelas, sesungguhnya warna ini bukanlah warna yang ideal untuk kuning telur. Kuning telur ayam yang baik serta sehat idealnya berwarna oranye, semakin tua warna oranyenya semakin baik mutunya. Namun biasanya ayam yang hidup di peternakan ayam hanya makan pakan saja, jadi warna kuning telurnya lebih muda.

3. Kekentalan Kuning Telur
Coba pecahkan sebutir telur, perhatikan kuning telurnya. Kuning telur yang sehat serta baik bakal merasa lebih kental waktu disentuh, kuning telur juga terlihat lebih solid serta terlihat bulat sedikit cembung. Kuning telur yang gampang pecah serta bercampur dengan putih telur waktu telur dipecahkan menandakan telur berkwalitas buruk.

Telur dengan kwalitas baik serta sehat apabila di proses bakal menghasilkan makanan dengan kwalitas baik dan bergizi tinggi.
Share: Facebook Twitter Google+