Beberapa Mitos Kesehatan Di Indonesia Yang Terbukti Salah Kaprah

Mitos Kesehatan Di Indonesia Yang Terbukti Salah Kaprah

Berikut adalah 5 Mitos Kesehatan Di Indonesia Yang Terbukti Salah, cekidot :

1. Kerokan
Jika anda mengira dengan kerokan bisa mengeluarkan angin yang ada didalam tubuh, itu salah besar. Kerokan menyebabkan pecahnya pembuluh kapiler pada kulit. Hal ini justru berbahaya dan membuat daya tahan tubuh menurun.

2. Tidak Boleh Mandi Saat Cacar
Mitos mengenai penderita cacar tidak boleh mandi sangat bertentangan dengan medis. Menurut dunia kesehatan, sangat penting bagi penderita penyakit kulit seperti cacar atau campak untuk menjaga kebersihan kulitnya untuk mencegah penyebaran penyakit.

3. Mandi Malam Menyebabkan Rematik
Tidak ada hubungan antara mandi malam hari dengan rematik. Selama tubuh dalam kondisi sehat maka tidak akan masalah mandi dimalam hari. Hanya saja, jika sudah terlanjur menderita rematik, lebih baik mandi dengan air hangat.

4. Tidak Boleh Mandi Saat Demam
Dengan mandi ketika demam dapat menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Tetapi, kalau demam disertai dengan rasa menggigil, mandi dengan air hangat akan lebih baik atau kompres dengan air hangat.

5. Berselimut Tebal Saat Demam
Pakaian tebal/ selimut akan menaikan suhu tubuh karena hawa panas yang keluar terperangkap dalam selimut. Suhu yang sangat tinggi (39 derajat atau lebih) pada anak-anak bisa menyebabkan kejang-kejang. Disarankan untuk mengenakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin.
Share: Facebook Twitter Google+