Jika Kamu Berkunjung Ke Brebes, Nikmatilah Segala Keindahannya

Kota bawang merah dan telur asin adalah sebutan untuk kota yang terletak paling barat Provinsi Jawa Tengah, Menurut beberapa sumber, Brebes menjadi kabupaten yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi kabupaten terluas ke dua setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang berada diperbatasan wilayah provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat ini terkenal dengan bahasa ngapaknya.

Ke Brebes kurang lengkap jika belum mengunjungi tempat-tempat wisatanya. Ada banyak tempat-tempat wisata yang indah dan tidak kalah menarik dari kota-kota lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Atau Bandung. Jadi, jika kamu ke Brbebes jangan lupa untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata berikut.

Kebun Teh Kaligua
Kaligua merupakan sebuah obyek wisata dataran tinggi yang letaknya di desa Pandansari, kec. Paguyangan, kab. Brebes, Jawa Tengah, kurang lebih 80 KM dari kota Tegal. Seperti Wisata dataran tinggi Dieng, obyek wisata yang satu ini pun memiliki suhu yang dingin nan meyejukan. Beberapa spot menarik yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Kaligua antara lain: Hamparan kebun teh, Telaga Renjeng, Goa Jepang, dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu, untuk menguji adrenalin, kamu bisa mencoba wahana outbond.

Gua Jepang
Gua Jepang ini letaknya berada di Blok Sirah 1 kawasan perkebunan teh Kaligua, tepatnya berada di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tempat ini sangat dekat dengan Agrowisata Kaligua. Dari kantor pusat pengelolaan perkebunan teh, jarak Gua Jepang hanya 1 km saja. Jadi, untuk anda yang sedang berwisata kebun ke Agrowisata Kaligua, anda bisa menengok gua yang menyisakan cerita sangat miris untuk korban kekejaman romusha yang dulu bekerja keras dengan upah hanya 5 sen perhari, tanpa istirahat, tanpa makan dan minum sambil mengayunkan cangkul dan linggis untuk membuat gua persembunyian sedalam 800 meter.

Jembatan Saka Limalas (15 Tiyang) Bumiayu 
Dari atas jembatan KA saka lima belas, sejauh mata memandang ke arah timur, kita dapat menikmati pemandangan Gunung Slamet, juga hamparan hijau tanaman padi dari kampung di seberang sungai Keruh.

Pantai Randusanga
 
Ingin melihat sunset terbaik di Brebes? Coba cek Pantai Randusanga! wisata yang letaknya di Desa Randusanga kulon, Brebes, atau 7 km dari kawasan jalan raya pantura. Di kawasan ini juga dimanfaatkan untuk membudiyakan rumput laut dan ikan bandeng.

Waduk Malahayu
Waduk peninggalan kolonial Belanda ini merupakan obyek wisata yang terletak di desa Malahayu, Kec. Banjarharjo, kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk Malahayu ini juga difungsikan sebagai sarana untuk pengontrol banjir dan sarana irigasi.
  
Tari topeng Brebes 

Bukan hanya tempat wisatanya yang indah, Brebes juga punya kesenian yang sayang untuk kamu lewatkan yaitu Tari Topeng Brebes, Tari topeng ini sendiri menceritakan legenda Joko Bluwo, seorang pemuda petani desa yang berwajah buruk rupa berkeinginan untuk mempersunting putri raja yang cantik jelita bernama Putri Candra Kirana. Dikisahkan, keinginan Joko Bluwo akhirnya dikabulkan sang raja, setelah Joko Bluwo memenuhi syarat yang diajukan Raja.

Namun, di tengah pesta pernikahan, seorang raja dari kaum raksasa yang juga berkeinginan menikahi putri Candra Kirana datang dan membuat kekacauan. Dia mengajak bertarung pada Joko Bluwo untuk memperebutkan sang putri. Joko Bluwo akhirnya berhasil mengalahkan raja raksasa dan hidup bahagia bersama putri Candra Kirana.


Bakso Brebes
Nah setelah muter-muter ke tempat wisata di Brebes yang indah pastinya kurang lengkap jika belum icip-icip di warung bakso pak Gimin yang sangat populer di Brebes, selain karena memiliki cita rasa yang akan membuat tenggorokan kamu terasa hangat dan segar, bakso pak Gimin juga akan membuat kamu selalu terkenang akan kerama-tamahan warga Brebes.

Bakso pak Gimin memakai bahan dasar daging sapi dan memiliki keunikan dibandingan bakso-bakso lainnya, yaitu adanya campuran acar timun serta irisan tetelan yang akan membuat cita rasa bakso menjadi lebih menggoyang lidahmu. Bakso yang buka mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam ini berlokasi dijalan Ahmad Yani No. 28 Brebes.

Nah mungkin itu hanya beberapa dari banyaknya tempat wisata di Brebes yang bisa saya infokan, sebenarnya masih sangat banyak sih tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik seperti, Waduk Penjalin, Pemandian Cipanas, Alun-alun Brebes,Gua Lawa, Curug Putri, Curug Cupu, Mbesaran Jatibarang, dan lain-lain. Atau mungkin bisa main ke Rumah admin Blog ini, kan bisa kenalan dan siapa tau Jodoh. Eh...


Share: Facebook Twitter Google+