Tidur Miring Ala Rasulullah Itu Menyehatkan, Ini Penjelasannya


Tidur Miring Ala Rasulullah Itu Menyehatkan, Ini Penjelasannya
Pernahkah Anda memperhatikan posisi tidur Anda? Apakah Anda terbiasa tidur terlentang, menyamping, atau malah tengkurap? Well, mulai sekarang kita perlu lebih memperhatikan posisi tidur kita. Karena posisi tidur yang baik akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh kita.

Salah satu posisi tidur yang paling dianjurkan adalah posisi menyamping. Tidur menyamping bisa memberi sejumlah manfaat mulai dari mencegah penyakit tertentu hingga memiliki peluang memiliki umur panjang. Selengkapnya, yuk langsung kita simak infonya berikut ini.

1. Mengeluarkan Racun dari Otak
Menurut para peneliti di Stony Brook University, tidur menyamping bisa mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimers', Parkinson's, dan penyakit neurologik lainnya. Para peneliti Hedok Lee, PhD, Helene Benveniste, MD, PhD, dan rekannya meneliti tikus dan menyimpulkan bahwa posisi tidur menyamping adalah posisi terbaik untuk mengeluarkan racun dari otak. Perlu diketahui pula kalau penumpukan racun di otak bisa menyebabkan penyakit Alzheimer dan gangguan neurologik lainnya. Wah, ternyata posisi tidur menyamping memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan otak ya. Ditambah dengan kuantitas serta kualitas tidur yang cukup, maka kesehatan umum Anda akan terjaga dengan baik.

2. Lebih Aman Dibandingkan Tidur Tengkurap
Tidur tengkurap bisa berisiko kematian untuk seorang penderita epilepsi, menurut sebuah penelitian, setelah meneliti 253 kasus kematian mendadak dan tiba-tiba pada epilepsi selama tonic-clonic seizure, ketika seseorang mendadak kaku, tersentak, dan kehilangan kesadaran, peneliti menemukan bahwa 73 persen korban tewas berada dalam posisi tengkurap. Dan dalam sub kelompok yang terdiri dari 88 subjek, 86 persen diantara mereka yang tidur tengkurap usianya kurang dari 40 tahun. Hal ini terkait dugaan bahwa kematian mendadak dan tiba-tiba pada epilepsi memiliki mekanisme yang sama dengan sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome).

3. Bisa Mengatasi Gangguan Tidur
Orang yang tidur terlentang dan mengorok bisa kehabisan napas secara tiba-tiba jika mereka mengalami apnea tidur (sleep apnea) hingga berhenti bernapas. Apnea tidur ini umumnya merupakan sebuah kondisi yang cukup mengkhawatirkan, bisa berbarengan dengan penyakit pra diabetes dan obesitas. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh University of Chicago Medical Center menemukan bahwa subjek dengan kedua kondisi tersebut bisa membaik setelah dirawat dengan tekanan aliran udara positif kontinu (continuous positive airway pressure) semalaman penuh. Tidur menyamping pun jadi salah satu cara untuk mengatasi apnea tidur ringan dan bisa jadi mengurangi peningkatan gula darah.

4. Menjaga Organ Tubuh
Tidur menyamping ke sebelah kanan diyakini bisa menjaga organ tubuh dengan baik, termasuk jantung (kecuali jika memiliki masalah jantung seperti gagal jantung dan serangan jantung), limpa, dan usus. Tidur menyamping bisa menjaga sistem limpa dan meningkatkan sistem pencernaan.

Tapi perlu juga diperhatikan cara tidur menyamping yang tepat. Yaitu sebisa mungkin posisi pinggang sama atau lebih lebar dari panggul Anda, tulang belakang juga berada dalam posisi netral. Bantal juga bisa menjaga leher berada dalam posisi yang nyaman saat tidur menyamping. Tidur di kasur atau permukaan yang empuk akan memudahkan Anda untuk mendapat posisi yang tepat.
Share: Facebook Twitter Google+