Kisah Maulana Jalaluddin Rumi Akan Difilmkan


Kisah Maulana Jalaluddin Rumi, sufi besar dari abad ke-13, akan difilmkan oleh sutradara Hollywood, David Franzoni. Film itu akan dibintangi oleh Leonardo di Caprio. Kontrak sudah ditandatangani antara sutradara dan produsernya, Stephen Joel Brown. Pengambilan gambar akan dimulai tahun depan. Caprio sendiri, pemenang Oscar untuk film The Revenant tahun lalu, sedang dinegosiasi menjadi calon utama yang memerankan Rumi.

http://www.telegraph.co.uk/news/2016/06/08/leonardo-dicaprio-as-persian-poet-rumi-gladiator-screenwriter-fa/

Menurut Franzoni, syair-syair Rumi begitu terkenal di Amerika. Sebuah film yang menggambarkan kisah hidup Rumi menjadi penting untuk menjelaskan siapa Rumi dan dari mana penyair yang begitu dicintai Amerika itu berasal.

Di jagad twitter, berita tentang film mengenai Rumi-putih itu sedang ramai-ramainya ditanggapi hari-hari ini.

Rumi adalah pendiri orde tasawuf Maulavi. Dua kumpulan puisinya, Mathnawi, dan Divan e-Shams e-Tabrizi, masih terus dilantunkan oleh para pengikut orde sufi itu, terutama di Turki dan Iran. Makamnya di Konya, Turki, juga dikunjungi sebagai tempat ziarah yang dianggap keramat. Syair-syairnya seterkenal lantunan doa indah Abd al-Qadir Jaylani yang sangat populer di kalangan jamaah nahdliyin Indonesia; juga seterkenal doa-syair Kumayl di kalangan pengikut Syiah.

Nama aslinya sebetulnya adalah Jalal al-Din Muhammad Balkhi (جلال‌الدین محمد بلخى). Ia dikenal dengan nama Rumi untuk merujuk tempat tinggal geografisnya sebagai di wilayah Rum (Romawi), di kota Anatolia, Byzantium Timur. Tapi Rumi sendiri sebenarnya adalah keturunan orang Persia-Arab, dan dari ayahnya ada garis darah Abu Bakar, sahabat Nabi. Nenek moyangnya berasal dari kota kecil Balkhi di wilayah Khorasan, Afghanistan sekarang; dan dia sendiri lahir di sebuah desa di dekat sungai Vaksh, di wilayah Tajikistan di masa lalu.

Karya-karya puisi Rumi dikenal luas karena penghayatan keagamaannya yang inklusif, menjangkau semua keyakinan, dan diekspresikan dalam ungkapan-ungkapan indah berbagai bahasa -- Persia, Urdu, Turki, Arab, dan bahkan Yunani. Terjemahan puisi-pusinya dalam bahasa Inggris sudah dilakukan berabad-abad yang lalu, terutama dari sumber-sumber Yunani.

Share: Facebook Twitter Google+